Tujuan Wisata Alam Bandung : Akses Dan Biaya

Wisata alam Bandung merupakan tujuan wisata yang selalu menjadi incaran wisatawan lokal maupun international. Wisata alam adalah tujuan wisata paling tepat untuk anda berlibur. Disamping untuk kesehatan badan anda juga untuk memperjernih fikiran. Wisata alam adalah pilihan yang tepat sebagai obyek wisata keluarga. Dengan berwisata ke alam lepas anda dapat mengajarkan kepada anak-anak anda untuk merawat dan mensyukuri keindahan alam Indonesia.

Anda tidak perlu bingung bila weekend akan segera tiba, karena wisata alam bandung rute yang mudah dan harga yang terjangkau. Anda tidak perlu pusing dengan biaya perjalanan anda, perjalanan wisata alam di kota Bandung merupakan destinasi wisata yang murah meriah. Anda dapat mengajak seluruh anggota keluarga anda untuk berwisata tanpa harus meninggalkan salah satunya karena terkendala biaya. Hanya bermodal kendaraan pribadi anda juga dapat berwisata ke seluruh objek wisata alam di daerah Bandung.

Dibawah ini beberapa objek wisata alam Bandung yang dapat anda kunjungi saat hari libur anda :

  1. Tangkuban Perahu

    tangkuban perahu bandung

Wisata alam di Bandung, Tangkuban Perahu dapat anda nikmati di Gn. Tangkuban Perahu, Cikahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk dapat menikmati wisata alam ini anda hanya membayar sebesar 13.000 rupiah ditambah dengan biaya parkir kendaraan anda. Legenda Tangkuban Perahu siapa yang tidak tahu, bukti cinta Sangkuriang kepada Dayang Sumbi. Sangkuriang tidak mengetahui bahwa wanita cantik yang dicintainya adalah ibunya. Sangkuriang bersikeras ingin menikahi Dayang Sumbi. Akhirnya Dayang Sumbi memberikan persyaratan untuk dibuatkan perahu beserta danaunya dalam 1 malam. Dayang Sumbi terus menerus berdoa supaya usaha Sangkuriang gagal. Akhirnya berkat do’a Dayang Sumbi ayam-ayam pun berkokok sebelum fajar tiba. Jin-jin yang membantu Sangkuriang lari terbirit-birit karena di sangkanya fajar telah datang. Pengerjaan danaupun gagal, akhirnya Sangkuriang menendang perahu yang dibuatnya sampai terbalik. Maka disebutlah destinasi wisata ini sebagai Tangkuban Perahu.

Gunung Tangkuban Perahu meletus terakhir tahun 1910. Banyaknya letusan yang akhir-akhir ini terjadi meninggalkan banyak kawah yang masih aktif sampai sekarang. Kawah-kawah tersebut yaitu : Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Domas, Kawah Baru, Kawah Jurig, Kawah Badak, Kawah Jurian, Kawah Siluman Dan Kawah Pangguyungan Badak. Wisata alam bandung ini banyak memanjakan anda dengan pesona keindahan dan kemenarikan dari legenda Sunda kuno. Anda dapat berwisata sekaligus menunjukkan legenda kuno kepada anak-anak anda. Namun mungkin bagi anak-anak wisata alam ini cukup berbahaya karena kawah yang masih aktif dan kerasnya bau belerang yang tidak baik untuk pernafasan anak-anak.

  1. Kawah Putih

    kawah putih bandung

Wisata alam Bandung kawah putih dapat anda nikmati di Jl. Raya Soreang Ciwidey Ciwidey, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat – Indonesia. untuk menuju kawah putih anda lebih mudah menggunakan kendaraan pribadi yaitu melalui Tol Purnaleunyi dan keluar melalui Tol Kopo kemudian belok kanan menuju arah Soreang terus ke ciedey sehingga sampai di lokasi wisata alam Bandung Kawah Putih. Lama perjalanan sampai 2,5 jam dari Kota Bandung. Tarif masuk Kawah Putih berkiras 18.000 rupiah/orang weekand maupun hari biasa. Untuk kelompok wisata pre wedding pihak pengelola memasang tarif 500.000 rupiah. Untuk parkir kendaraan ada dua macam yaitu parkir atas dan bawah. Parkir atas roda 4 Rp.150.000 parkir bawah roda 2 Rp.3000, roda 4 Rp. 6.000 dan roda 6 Rp.25.000. jadwal kunjungan dari jam 07.00-17.00 WIB. Anda dapat menikmati pemandangan kawah putih. Berada di objek wisata ini anda akan melihat wajah lain dari Indonesia.

  1. Situ Patenggang

    situ patenggang bandung

Alamat lengkap wisata alam Bandung Situ Patenggang : Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973 – Indonesia. Situ Patenggang adalah destinasi wisata danau yang terdapat di Bandung. Apa yang menarik dari wisata alam ini ? di tengah danau wisata alam ini terdapat sebuah daratan kecil yang di sebut dengan pulau cinta. Untuk menuju pulau cinta anda dapat menggunakan perahu yang dapat anda sewa di bibir danau. Konon katanya jika anda menginjakkan kaki bersama pasangan anda di pulau cinta tersebut hubungan anda akan langgeng.

Situ Petanggang wisata alam Bandung ini juga disebut dengan nama Situ Patengan. Untuk menuju Situ Patenggang ini anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi anda dapat melalui jalur Tol Kopo. Wisata alam ini terletak 1600 meter diatas permukaan laut. Wisata alam terindah Bandung ini dapat anda nikmati hanya dengan membayar 12.000 – 15.000 rupiah. Untuk parkir kendaraan roda 4 anda dapat membayar 15.000 per kendaraan dan untuk roda 6 Rp.22.500.

  1. Curug Malela

    curug malela bandung

Wisata alam bandung berupa air terjun dapat anda temui di Curug Malela, Sindangjaya, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Destinasi alam dengan segala keindahan panorama dan kesegaran udara. Rute wisata alam Curug Malela ini dapat anda tempuh melalui dua rute yaitu jalur Cimahi dan Cianjur. Alamat lengkap Curug Malela yaitu : di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat – Indonesia. Rutenya sangat mudah jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda melalui Cimahi-Batu Jajar-Kota Kecamatan Cihampelas-Cililin-Sindang Kerta-Gunung Halu-Buni Jaya-Lokasi. Sedangkan bagi anda yang datang dari luar kota ingin menggunakan angkutan umum anda dapat mengakses lokasi dengan : Terminal Leuwi Panang – angkot jurusan Cimahi dan Cililin-Bus jurusan Gununghalu/Bunijaya -ojek menuju Desa Cicadas – jalan kaki melintasi bukit – bukit dan pesawahan sampai lokasi air terjun. Terminal Cileunyi – naik Bis Jurusan Cileunyi – Cililin – Bis jurusan Gununghalu / Bunijaya – naik ojek menuju Desa Cicadas lalu jalan kaki ke lokasi air terjun.

  1. Perkebunan Teh

    tea sightseeing bandung

Wisata alam Bandung disamping air terjun, danau dan kawah anda juga dapat menikmati wisata alam perkebunan teh. Ada dua perkebunan teh yang paling terkenal di Bandung yaitu Perkebunan Teh Rancabali dan Perkebunan Teh Malabar. Perkebunan Teh Rancabali sering digunakan sebagai tempat syuting film maupun drama. Karena kondisi alam yang sangat indah dan juga tidak ekstrim. Selain perkebunan teh wisatawan juga dapat melakukan kunjungan wisata ke pabrik teh Rancabali dan bisa melihat proses penanaman, pembibitan, pembukaan lahan, pemeliharaan, pemetikan, pemangkasan, sampai pengolahan teh. Perkebunan teh rancabali terletak sekitar 50 Km dari kota Bandung.

Perkebunan teh ini terletak di kaki Gunung Patuha, inilah yang membuat udara di sekitar perkebunan segar dan dingin. Perkebunan teh lainnya yaitu Perkebunan Teh Malabar. Perkebunan ini di bangun sejak tahun 1890 pada masa kolonial Belanda. Perkebunan ini berada di ketinggian 1550 meter diatas permukaan laut. Perkebunan ini berada di daerah Bandung Selatan tepatnya di wilayah Pangalengan Bandung. Perkebunan ini memiliki suhu rata-rat 16 derajat celcius. Waktu tempuh wisata alam Bandung ini tidak memakan waktu yang lama, tergantung keramaian jalan. Semakin ramai jalan raya akan menempuh waktu yang cukup lama. selain kedua wisata alam perkebunan teh ini ada juga beberapa perkebunan teh yang lainnya seperti : Kebun Teh Kartamanah, Perkebunan Teh Sukawana, Perkebunan Teh Gambung

  1. Pemandian Air Panas Cimanggu

    pemandian air panas cimanggu

Wisata alam Bandung berupa pemandian air panas yang terletak di Bandung memiliki alamat lengkap : Jln.Raya Ciwidey – Patenggang Km 13, Patengan, Rancabali, Kab Bandung, Jawa Barat. Wisata alam ini menyajikan kehangatan berendam di air panas. Udara Bandung yang sangat segar namun dingin mungkin anda tidak terbiasa dengan itu. Untuk mengobatinya anda bisa menikmati berendam di air panas yang di suguhkan oleh Air panas Cimangu. Pemandian ini terletak tidak jauh dari objek wisata tidak jauh dari Situ Patenggang. Maka kurang afdhal rasanya jika anda belum menikmati Pemandian Air panas Cimanggu. Rute yang dapat anda tempuh melalui Tol Cipularang-Pintu Keluar Tol Kopo Bandung-Soreang-Cimanggu [ 37 KM,waktu tempuh berkisar 1 jam dari Kota Bandung. Menikmati pemandian air panas ini dapat anda peroleh hanya dengan meraup Rp.20.000/20 menit/perorang. Anda tidak harus mengeluarkan biaya yang banyak karena dengan tarif seperti ini tidak akan menguras habis isi kantong anda. Selamat berwisata alam di Kota Bandung.

Baca juga :  Inilah Tempat Wisata Kuliner Di Bandung Yang Tak Boleh Dilupakan

Kata Kunci Dari Pecarian:

  • tempat wisata di ciparay bandung
  • wisata ciparaya
  • wisata alam bandung yang belum terjamah
  • wisata cantigi
  • tempat wisata di ciparay
  • tempat wisata alam dekat stasiun bandung
  • wisata kuliner bandung bondan winarno
  • wisata bandung dekat stasiun bandung
  • wisata bandung kaskus
  • wisata bandung yang belum terjamah
  • wisata pasir kaliki
  • wisata ciparay
  • wisata kuliner di kopo bandung
  • wisata kuliner di jalan gatot subroto bandung
  • wisata kuliner banjaran bandung
  • wisata bandung dan akses biaya
  • wisata alam katumiri
  • bandung tengah malam
  • kuliner di pasir kaliki bandung
  • kuliner kopo bandung
  • laporan kegiatan perjalanan kuliner bandung
  • laporan wisata kuliner
  • tempat wisata ciparay
  • tempat wisata dekat ciparay bandung
  • tempat wisata di pasir kaliki bandung
  • tempat wisata sekitar gatsu bandung
  • tempat wisata waterback di ciparay
  • tempat yg belum terjamah
  • wisata alam bandung tersembunyi
  • wisata romantis daerah ciparay

Reply