3 Hal yang Wajib Kamu Tahu dari Gunung Tangkuban Perahu

Tren wisata Bandung, Gunung Tangkuban Perahu masih menjadi yang paling favorit. Bukan seperti gunung-gunung lainnya, Tangkuban Perahu lebih family-friendly. Kamu bisa ajak seluruh anggota keluarga untuk berkunjung ke sini. Dijamin, beban pikiran segera hilang!

Terletak di sebelah utara Kota Bandung, Gunung Tangkuban Perahu terbilang cukup sulit untuk dilalui. Membawa kendaran pribadi? Boleh, justru direkomendasikan. Tapi, kalau kamu punya jiwa petualang, bisa juga memakai kendaraan umum yang tersedia.

Kira-kira, apa saja yang wajib kamu tahu dari Gunung Tangkuban Perahu? Langsung simak aja yuk!

1. Pemandangan Alam Menawan

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung selalu menyajikan pemandangan alam yang menawan. Pemandangan ini selalu menjadi fokus utama para penikmat alam yang ingin marasakan kesejukan alam pegunungan. Pesona alam gunung ini sudah tidak diragukan lagi. Jangan heran jika gunung ini selalu menjadi tujuan destinasi pengunjung baik dari manca maupun lokal.

Keindahan alam dari gunung ini tidak hanya menyajikan pesona alam yang menyejukkan jiwa. Namun juga menawarkan spot fotografi yang tidak kalah cantik. Pemandangan alam yang dihiasi dengan tiga kawah utama menjadikan gunung ini tampil indah untuk diambil gambarnya.

Apalagi ketika bersiwata di saat pagi dan sore. Pemandangan matahari terbit dan terbenam akan memberikan pengalaman tak terlupakan kepada para pengunjung yang datang.

2. Tiga Kawah Utama

Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Gunung ini terdiri dari tiga kawah utama yakni kawah Ratu, Upas dan Domas. Dari ketiga kawah tersebut, kawah Ratu adalah yang paling besar. Kawah ini menyajikan panorama alam dengan warna biru muda dengan dinding terjal yang menarik. Namun kawah ini masih aktif sehingga sering mengeluarkan uap panas yang mencekam.

Kawa Upas tidak seganas Kawah Ratu. Namun kawah Upas tidak kalah berbahaya dengan Kawah Ratu. Kendati begitu, kawah ini cukup ramai. Pengunjung yang datang dibuat menantang, karena kawah ini masih sering terjadi Erupsi.

Berbeda dengan dua kawah lainnya, Kawah Domas adalah kawah yang paling banyak diminati. Selain tidak seatif keduanya, kawah ini juga menyajikan pengalaman berendam air panas alami. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati merebus telur secara alami melalui air kawah.

3. Letak dan Rute Gunung Tangkuban Perahu

Rute Gunung Tangkuban Perahu

Rute Gunung Tangkuban Perahu

Letak gunung Tangkuban Perahu berada sekitar 30 km dari Utara Kota Bandung. Jika berangkat dari Kota Bandung, perjalanan menuju gunung ini cukup mudah. Cukup memilih Jl. Setiabudi dan mengikuti rute menuju Lembang.

Ketika mencapai kawasan pasar Lembang biasanya akan menemukan perempatan utama. Pilihlah belok kiri dari perempatan tersebut lalu ikuti jalan utama saja hingga akhirnya akan sampai menuju gunung tersebut.

Rute di atas adalah rute perjalanan menuju Gunung Tangkuban Perahu jika mengendarai kendaraan pribadi. Namun jika menggunakan angkutan umum, pilihlah angkutan menuju Lembang.

Setelah itu pindah angkutan dengan memilih angkutan jurusan Subang sampai ke Gerbang kawasan Gunung. Dari gerbang tersebut, silahkan pilih kembali naik angkutan umum atau memilih jalan kaki hingga ke tempat tujuan.

Itulah tadi sederet hal yang wajib kamu tahu dari Gunung Tangkuban Perahu. Buat kamu yang butuh rekreasi bersama keluarga dengan harga terjangkau, Gunung Tangkuban Perahu jadi rekomendasinya. Selamat berlibur, ya!

Reply